Thursday, September 11, 2008

Kampanye Terselubung

Apa jaman ini gk ada sesuatu yang tulus ya?
Gw kepikiran gini setelah ngeliat photo-photo orang gk di kenal dalam bentuk spanduk mejeng di hampir tiap perempatan jalan. Isi si spanduk sih gak jauh-jauh dari ucapan selamat berpuasa dan kata-kata bagus.

Tapi si photo yang ukurannya segede-gede gaban, ngilangin makna ucapan itu.

Beberapa temen gw ngirimin ucapan selamat berpuasa. Sebenarnya, gk ada yang aneh dengan sms ato imil yang isinya saling memaafkan menjelang ramadhan. Yang bikin empet adalah embel-embelnya.

Gk cuman satu gw nrima imil yang gak lazim (menurut gw).
Isinya mah teutep..kata-kata cantik. Tapi attachment nya adalah promosi diri (disertai photo si pengirim) sebagai calon wakil rakyat dari partai A,B,C untuk pemilu 2009.

Gak itu aja, di masjid gw bredar selebaran yang isinya jadwal imsyakiyah..teuteuppppp..ada photo si calon ini dengan pesan sponsornya. Alamak jan..masjid bo..masjid.

Beberepa hari lalu, Hanny Armansyah, kenalan baik gw yang rutin ngirimin artikel2 bermutu ngasih hadist ini
Rasulullah SAW bersabda :


"Janganlah kamu menuntut suatu jabatan.
Sesungguhnya jika diberi karena ambisimu, maka kamu akan menanggung seluruh
bebannya. Tetapi, jika ditugaskan tanpa ambisimu, maka kamu akan ditolong
mengatasinya"[
HR Bukhari & Muslim]

Kenalan gw yang merasa calon kuat dari partai A dengan berapi-api menjelaskan kenapa dia terpanggil untuk ikut membenahi bangsa ini. To be honest, gw geli-geli kebelet dengerin kata-katanya. Ngeliat expresi gw..dia nanyain what’s wrong?.

Well my friend..it’s not my intention to burst your bubble..but..elo mo ngerubah nasib bangsa ini? Lo di lampu merah aja masih nyerobot antrian..tu liat tungganan lo parkirnya ngalangin jalan ,not to mention yang kuliah lo belang bentong trus tiba-tiba sarjana…Dengan kualitas gitu lo ngerasa bisa ngerubah bangsa ini, give me a break!

Biar lo tau aja ya…
Gw pekerja.
Buruh pekerja.

Adek-adek gw pekerja, bahkan hampir seluruh keluarga gw adalah pekerja.
Bulan maret kemaren aja, gw hampir keselek sendal waktu nauin total pajak yang gw bayar dalam setahun
Tapi apa yang gw dapet? Jalanan lubang di mana-mana.

Mo ngurus KTP aja kaya ngemis. Mo ngurus passport mesti cuti at least 3 hari dan waktu tunggu 2 minggu. Dan yang paling apes, gw termasuk yang kena double tax. Lha iya lah..gaji gw dah di kenaain pajak..gantian gw mo makan juga di kenain pajak. Mo jual kendaraan pajak lagi, beli rumah pajak lagi.

Dan lo skarang bilang ke gw mo ngerubah nasib bangsa?
Di sekitar gw banyak banget orang-orang oportunis kaya elo.
Gk tau punya skill apa, pengalaman apa..tiba-tiba berkoar2 mo ngerubah nasib bangsa.
Don’t get me wrong, tp gw udah mules tiap dengerin orang kampanye ngobral janji (plus bagi2 hadiah)

EMANG LO PUNYA CARA LAIN UNTUK BANGSA INI??? Suaranya yang tadinya ramah berubah. Tampang nya jg beda banget ma yang di photo itu.
Ternyata, cuman butuh ucapan segitu aja, gw bisa ngeliat seperti apa sih si calon perubah nasib bangsa ini.

Gini ya..kalo elo pimpinan perusahaan, apa elo mau recruit sub ordinat begitu aja tanpa ngeliat kualitas, hanya ngeliat ijasah sarjana(tutup mata ma universitas ecek-ecek yang ngeluarin tu kertas) dan hanya ngeliat siapa beking mereka???
Siapa yang mau..tapi sayang nya itu yang kejadian sekarang.

Kalo emang mo nyari orang yang kualified, bikin aja list semua perusahaan kelas atas di tiap daerah yang ada di negri ini. Ambil dari tiap-tiap perusahan itu orang terbaik di bidang mereka. Gaji dengan bayaran yang tinggi, lalu dudukkan mereka sebagai wakil rakyat.
Mereka pasti kompeten (bukan kaya lo yang tiba-tiba sarjana) dan tau apa yang mereka kerjakan. Top management itu yang jelas terbiasa kerja dan memimpin dengan tujuan jelas, biasa dengan tuntutan waktu, uang, dan keterbatasan resources.


Simple?
Ya iyalah..itu kan pikiran sesaat. Di negri ini banyak pemikir yang bisa ngasih solusi.
Sayang nya, sekarang para pemikir adalah pemain. Tentu aja bakal di bikin solusi2 ajaib buwat kepentingan dia dan team nya.

Gw ngerti kalo si temen gw ini jadi antipati ma gw.
Mestinya dia sadar kalo banyak orang-orang yang ngerasa teraniaya seperti gw.

Soal pajak..
Sampe skarang gw gk ikhlas...