Thursday, May 22, 2014

Salah Transfer Uang - Bank BCA


Transfer dana antar rekening maupun antar bank saat ini sangat mudah dilakukan. Baik melalui teller, ATM, m-banking dan e-banking. Pihak bank telah menyediakan pengamanan berlapis untuk mencegah salah transfer.

Sayang nya, sebaik apapun system yang di sediakan tidak menjamin tidak adanya salah transfer. Hal yang umum di lakukan adalah salah memasukkan nomer rekening dan langsung menekan tombol enter setiap ada konfirmasi yang ditampilkan di layar tanpa membaca dengan teliti. Akibatnya, dana terkirim ke rekening yang salah.

Pihak  Bank BCA menyediakan fasilitas ‘Bloking Dana’, prosedur nya cukup mudah. Pihak pertama (pemilik dana yang melakukan kesalahan transfer) cukup menelpon HALO BCA di nomor 500888 untuk melaporkan  telah terjadi salah transfer dari rekening Pihak Pertama ke Pihak kedua (Penerima Dana).

Dengan adanya pelaporan ini maka:
  • Bank BCA akan bertindak sebagai mediator  antara pihak Pertama dan Pihak Kedua.
  • Setelah melakukan klarifikasi data, Bank BCA akan memblokir dana di rekening Pihak kedua sebesar nominal yang di kirimkan Pihak pertama. Harap di perhatikan bahwa Bank BCA tidak memblokir rekening Pihak Kedua, hanya memblokir sejumlah uang yang dilaporkan oleh Pihak Pertama.
  • Jika dilihat dengan fasilitas ‘Mutasi Rekening’ di mBanking, akan terlihat perpindahan dana dari rekening Pihak Pertama ke Pihak kedua tetapi  tidak ada penambahan Saldo pada rekening Pihak Kedua.
  • Bank BCA akan menghubungi Pihak Kedua. Bank BCA tidak akan pernah memberikan data-data Pihak Kedua (Nomer telpon, alamat,saldo) kepada Pihak Pertama. Bank BCA menjamin, data-data nasabah berdasarkan hukum yang berlaku.
  • Untuk menyelesaikan masalah ini, bank BCA akan meminta kesediaan Pihak Kedua untuk datang ke cabang terdekat  dan membantu pengembalian dana tersebut ke rekening Pihak Pertama
  • Jika Pihak Kedua berhalangan datang ke Cabang BCA terdekat, pihak Bank BCA tidak akan memaksa. Dana tersebut akan terus terblokir.
  • Sekali lagi, Bank BCA hanya berperan sebagai mediator atau perantara.

Bagaimana jika Pihak Kedua tidak bisa datang ke Cabang BCA? Mungkin karena kondisi kesehatan, kesibukan atau sedang berada di luar negri misalnya?

Jika memungkinkan, Bank BCA akan membantu terlaksananya teleconference antara kedua pihak. Bank BCA akan mengembalikan dana ke rekening pihak pertama setelah kesepakatan tercapai. Semua percekapan akan di rekam sebagai barang bukti elektronik.

ATAU

Pihak Pertama bisa meminta Bank BCA untuk menarik pelaporan pemblokiran, dan Bank BCA meminta Pihak Kedua untuk melakukan transfer  ke nomer rekening Pihak Pertama. Disini dibutuhkan niat baik dari Pihak Kedua. Tidak ada sanksi hukum jika Pihak Kedua tidak mengembalikan dana tersebut.


Informasi ini di dapatkan dari CS Bank BCA Cabang Sunda Mall Bandung (Ibu Lilis)

7 comments:

ria swettie said...

saya melakukan kesalahan transfer dan menelepon halo BCa. namun katanya pihak BCa tidak berhak memblokir dana sejumlah transaksi yang saya lakukan tanpa ada konfirmasi dari pihak si penerima Bank.

Asrita Kinipulu said...

Mba Ria,
Sangat di sayangkan jika terjadi ketidak seragaman penanganan untuk bank sebesar BCA :(

Asrita Kinipulu said...
This comment has been removed by the author.
Asrita Kinipulu said...
This comment has been removed by the author.
VannValent said...

Dear Ibu Asrita,

Itu benar sekali Bu, saya baru saja mengalami hal tsb diatas dan pihak BCA hanya dpt menyarankan utk menghubungi nasabah mrk yg kita salah transfer. sedangkan saya tdk punya no hp or alamat nya :(

Yan

Asrita Kinipulu said...
This comment has been removed by the author.
Asrita Kinipulu said...

Bu VannValent, bagaimana mungkin menghubungi rekening tsb kalo gk tau detail nasabah. Sudah coba langsung datang ke Cabang terdekat bu?
Maaf jika tulisan saya tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Semua yang saya tulis disini saya dapatkan dari BCA Cabang Sunda di Bandung. Sangat disayangkan jika tidak ada SOP yang seragam di masing2 cabang.