Sunday, July 01, 2007

Huruf Itu...


Pada suatu masa, ada seorang anak laki-laki kecil yang tidak bisa menyebut huruf 'R'. Setelah semua teman-teman, bahkan sepupunya yang baru berumur 2.5 tahun dengan lancar menyebutkan 'huruf itu' si anak kecil ini selalu menjadi bahan ledekan. Ditambah badannya yang mungil, plus suaranya yang imut seperti suara anak-anak yang masih sangat kecil, lengkap sudah 'penderitaan' anak laki-laki ini. Semua teman di sekolah memanggilnya dengan tambahan 'dek' di depan namanya. Anak-anak yang baru masuk pun memanggilnya 'dek'.

'Gk papa, om dulu juga baru bisa menyebutkan huruf itu sesaat sebelum SD', begitu bunyi dukungan yang di berikan om-nya.

Tapi ketika sesaat sebelum SD itu datang, dan anak laki-laki ini masih tidak bisa menyebut huruf itu..dia mulai terlihat resah dan terganggu.

'Bunda, bagaimana jika sampai besar nanti aku tidak bisa menyebut huruf itu?'
'Jangan kuatir, bunda kenal banyak orang yang tidak bisa menyebut huruf itu sampai mereka besar. Bunda juga tau beberapa bahasa yang sama sekali tidak menyebut huruf itu'

Sampai suatu hari..si anak laki-laki kecil ini pulang dengan pemberitahuan penting!
'Bunda, aku terpilih menjadi MC di acara perpisahan TK', ucapnya dengan nada gembira.

'Bu guru, bukankah anak saya tidak bisa mengucapkan huruf itu? Kenapa bu guru memilih dia untuk jadi MC?', tanya bunda ketika bertemu bu guru.
'Dari beberapa kandidat anak ibu yang kami pilih, dan kami yakin dengan pilihan kami, ibu jangan kuatir..biarkan dia berbicara seperti biasa, tidak usah terlalu di ingatkan akan kekurangannya'

Ketika acara perpisahan itu dilaksanakan di sebuah gedung, di depan audience..anak laki-laki itu melaksanakan tugasnya sebagai MC. Suara bayi nya dan penyebutan huruf itu yang tidak sempurna..tidak menjadikan anak itu malu.

Di pojok ruangan, bunda nya hanya bisa menatap dengan mata berkaca-kaca..melihat anak kecil nya menerima kekurangannya dan menjadikannya sebagai sesuatu yang 'biasa'.

3 comments:

Andrie Anne said...

Ah bukan kekurangan ah Ta..jujur, cowo cadel mnurut gue sexy lho hehehe..:-) Selamat yaaaa...dah sukses jadi MC:-) MC-nya cakep euy..

ita.kinipulu said...

Moga2 semua cewe cakep kaya elo beranggapan begitu ya..hihihi..

rahma said...

bunda, aku lho..salah seorang yg dari kecil sampai segede dan se-tua ini tetap tidak bisa ngomong RRRRRRRR...he..he.., jadi jgn khawatir Dek, sini tante temenin... :),