Sunday, May 14, 2017

TERIMAKASIH


Sempat bingung ketika seorang mengatakan Jazakallah Khairan sebagai ungkapan terima kasih. Terpikir ‘ehm, gue harus jawab apa ya?’

Akhir-akhir ini ucapan ini semakin sering diucapkan, baik di pertemuan langsung maupun melalui media seperti whatsApp dan applikasi komunikasi lainnya. Walaupun sudah tau artinya, tapi kok ya seperti memaksakan kalau ikut-ikutan, toh sama aja artinya “terima kasih”.

Dari seorang sahabat, dalam sebuah group WA belajar Islam yang di pandu oleh salah seorang ustadz di masjidil Haram, aku baru sadar, ternyata itu bukan sekedar ucapan terima kasih. Ucapan itu adalah doa dan di ajarkan oleh nabi Muhammad Sallallahu Allaihi Wasalam.’

Dari Usamah bin Zaid r.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ
 “Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan “jazaakallahu khaeron (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. 

Jaza-kumullah ( جَزَاكُمُ اللهُ ) : Semoga Allah Membalas kalian

Sifatnya Tunggal ( Laki - Laki ) Memakai ' Ka '
Jaza-kallah ( جَزَاكَ اللهُ ) : Semoga Allah Membalas-mu


Sifatnya Tunggal ( Perempuan ) Memakai ' Ki 

'Jaza-killah ( جَزَاكَ اللهُ ) : Semoga Allah Membalas-mu


Khairan : Kebaikan


Jawaban jika ada yang mengucapkan doa ini adalah
“wa jazakumullahu khairan” yang mana arti nya (Dan semoga Allah juga membalasmu sekalian dengan kebaikan)

Indah kan saling mendoakan dengan menyebut nama Nya?
Dengan sering menggunakan kalimat-kalimat ini, semoga bukan hanya kita telah menjalankan salah satu contoh dari Rasullullah SAW, juga kita menyebarkan kebaikan.
Gak usah kuatir di bilang ke arab-araban, toh AlQuran turun dalam bahasa Arab.
Hilangkan prasangka jika ada teman-teman selain muslimin yang juga mengucapkannya, ini bagian dari konfigurasi komunikasi, seperti kata-kata Alhamdulillah, dan ucapan salam Assalamualaikum yang semua orang sudah fasih mengucapkannya. Tidak ada paksaan dalam beragama kan? Semoga menjadi pintu hidayyah bagi semua.






0 comments: