Tuesday, July 15, 2008

Sharing tips sunatan :)

Aku nulis ini dalam rangka sharing pengalaman yang berhubungan ma sunat..kali aja ada yang pengen nyunatin anak :)

Metoda sunat sekarang kan macem-macem tuh, sebenarnya tergantung ma alat apa yang di pakai.
Gilang-Boogie pake metoda konvensional, prosesnya kira-kira 30-45 menit dan masa penyembuhan 5 hari udah kering lalu 2 minggu sudah bersih semua.

Range umur mestinya gk pengaruh..bayi baru lahir pun bisa di sunat. Yang jelas sih, jangan pernah maksain anak untuk sunat. Biar permintaan sunat itu dateng nya dari dia… kalo yang punya masalah ma kesehatan laen critanya deh ya.
Tugas kita cuman membangkitkan semangat untuk di sunat…

Caranya nya simple-simple aja kalo aku mah..
  • Jelasin pake metoda cerita tentang manfaat sunat, dari sisi agama, kebersihan dan harga diri. Srius nih..Anak-anak cowo itu punya sesuatu yang mengalir di gennya kali ya…Kalo hal-hal yang menyangkut ‘pride’ bawaannya jadi semangat. Misalnya nih…’cuman anak yang berani aja lho yang minta sunat’ bakal bikin si anak berfikir untuk membuktikan diri kalo dia jg termasuk anak pemberani.
  • Katanya sih lingkungan berpengaruh ya. Makanya sering-sering bergaul ma anak-anak yang dah disunat.
  • Reward. Untuk reward kebetulan Gilang-Boogie punya tambahan sponsor dari pakde-budenya..makasih ya pade, bude..muah-muah deh :).

Kalo si anak udah menyatakan siap, terus disemangatin.

Rule number ONE is DON’T LIE. Biasanya anak-anak suka nanya ‘disunat sakit gk’. Katakan dengan jujur kalo sunat itu sakit, gk usah bohong pake bilang ‘gk sakit..kaya di gigit semut’…deuuuh..semut nya segede apa hehe.

Karena sebelumnya dah pernah nemenin anak2 temen/sodara yang disunat, aku bilang sunat sepertinya sakit pas dibius. Bunda juga gk tau apa sakit aja ato sakit sekali, tapi nanti bunda temenin. Bunda bobo disamping mas/adek dan pegang tangan mas/adek sambil kita berdoa bareng.

Anak-anak sekarang juga kritis nanyain, sunat itu apanya yang di potong, pake apa motong nya, dijahit sakit enggak.
Skali lagi, jawab jujur tanpa nimbulin ketakutan yang gk perlu.
Buka celananya, tunjukkan kulit atas yang ‘buang’ sedikit saja pake alat khusus, disuntik dulu jadi gk akan kerasa apa-apa waktu di bersihkan. Nanti juga perlu di jahit (metoda konvensional) gak pake sakit kok jahitnya kan dah di bius.

Nah proses nya…
Kmaren tuh Gilang-Boogie di sunat jam 6 pagi.
Biasanya diawali dengan mandi yang bersih, kalo bisa ruangan nya gk terlalu panas, ada TV biar bisa nonton atau game untuk mereka mainin sambil titit nya di jahit. Intinya sih ngalihin perhatian aja.

Selama proses sunat..dampingi ya..Proses yang paling menyakitkan adalah suntik obat bius. Ada 2 titik di batang titit tempat obat bius disuntikkan. Sebelumnya di semprot obat bius semprot, tp tetap saja si anak kesakitan (banget!).
Genggam tangannya..lantunkan doa pada saat dia menjerit kesakitan pada saat di suntik, lap keringatnya, dan ucapkan banyak pujian karena keberaniannya. Menurutku, bisa mendampingin anak yang disunat merupakan anugrah yang tak terhingga, untuk kita dan dia juga.

Setelah itu proses inti, pembuangan si kulit dan jahit.
Selama proses ini obat bius sudah bekerja, jadi si anak sudah tenang, bahkan bisa bercerita dan bercanda.
Kalo ada adek cowo yang belon sunat, mending gk usah ngeliat..takutnya trauma. Waktu Boogie sunat, Gilang yang motoin semua step-step nya. Sampai sekarang Boogie gk brani ngeliat hasilnya hehehe..

Yang agak-agak ribet nih proses setelahnya. Gak sampe 2 jam setelah di sunat biasanya efek si bius itu dah hilang.
Si anak bakal ngerasa sakit. Kmaren sih kita ajakin adek jalan-jalan ke mall. Karena dah ada celana dalam khusus untuk sunat, jadi skarang mah pake celana panjang bukan masalah :)

Hari-hari selanjutnya, biasanya si anak bakal bete abiz!
Ya iyalah..si super power itu mana betah rebahan di kasur terus
Untuk Gilang-Boogie aku siapin banyak cd PS baru, maenan yang gk butuh gerak seperti kartu, monopoli, congklak, ular tangga, ajarin cara maen bekel (itu lho, bola dengan 6 buah kerang) , mobil2 an sejenis hot wheels.

Tapi emang si Boogie gk bisa diem, ngerasa udah baekan malah maen sepeda. Sukses deh berdarah-darah lagi.. Aku bersihkan dengan air sirih dan ternyata ada bagian yang setengah kering tercabut dengan paksa.
Gk papa sih, asal darahnya gk terus-terusan gk perlu terlalu kuatir.

Untuk nguranin rasa gatal, aku siapin air rebusan daun sirih hangat. Kalo gatelnya siang ato pagi bisa langsung ditaro di ember besar ato bathtub (tp ntar sebadan-badan bau sirih hehe) dan minta mreka berendam. Tp kalo gatel nya menjelang tidur, biasanya aku basahi di kapas dan usap-usap dibagian yang gatal sampai mereka tidur.
Tips dari pak Qomar, mantri sunat nya anak-anak ku..kalo mandi pake shower, biar aer gk langsung kena ke si titit, si titit di masukin dalam gelas bermulut lebar..jadi aman tuh proses mandi :)

Jangan kuatir kalo ngeliat titit si anak mengering dan menghitam..emang proses nya gitu.

Nah, untuk Boogie kmaren itu kita sengaja maen kelaut 2 minggu setelah sunat. Sukses bersih tuh tititnya..semua yang masih nempel-nempel copot dengan sukses J

Gitu deh ya sharing ku.

2 comments:

Mommy Arya&Kinan said...

Ta,
aku rencanyan Dec/Jan ntar mo nyunatin Arya (ntar 9th) sekalian 9th Bdaynya.
Tq ya sharenya.

ita.kinipulu said...

Arya 9 tahun?
Prasaan masih bayi deh..
Hehehe..Gilang jg 9 tahun..
Cepet banget ya mreka membesar..
Sukses ya acaranya :)